[Review] Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser

by - 5:21 PM



Kalau di post tentang skincare yang sebelumnya aku membahas exfoliating toner, pada post kali ini aku akan membahas salah satu cleanser kesayanganku, yaitu..... Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser! Yup, benar, another product from Cosrx that I've been loving so much. Produk ini juga adalah salah satu produk viral dari Cosrx. Buat kalian yang belum tahu, Cosrx adalah merek skincare Korea yang terkenal dengan produk-produk antijerawat. Makanya, sebagai orang punya kulit berminyak dan berjerawat, aku super suka dengan produk-produk Cosrx. It feels like they are made for me :')



Kemasan dan Tekstur
Mari kita mulai dengan membahas kemasan. Cosrx Cleanser ini dikemas dalam botol berbentuk tube dengan tutup flip-flop. Kemasan botol tube seperti ini memang lebih praktis ketika dilengkapi tutup flip-flop dibandingkan tutup yang diputar. Aku tidak ada masalah dengan kemasannya. Botol cleanser ini tidak pernah bocor atau semacamnya.

Cosrx Cleanser bertekstur gel bening. Setahuku, jenis cleanser yang paling tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat memang yang berbentuk gel seperti ini karena tidak mengandung bahan pelembab terlalu banyak. Kalau cleanser yang berbentuk krim, lebih bagus untuk kulit kering atau cenderung normal. Yang jelas, kalau aku perhatikan, hampir semua cleanser krim yang aku cek kandungannya pasti ada Myristic Acid yang lumayan comedogenic alias bisa menyumbat pori-pori. Kalau dalam cleanser gel, aku jarang melihat kandungan ini. Mungkin itu pula alasan cleanser gel lebih bagus untuk yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Menurutku, busa Cosrx Cleanser tidak terlalu banyak jika dibandingkan cleanser lain,



Harga
Bagi kalian yang ingin membeli cleanser ini secara langsung di toko, Cosrx sudah masuk Wats*ns Indonesia! Kalian bisa membelinya dengan harga sekitar Rp149.000,00. Tidak terlalu mahal kan untuk produk berisi 150 ml. Aku sendiri masih membeli cleanser ini dan produk-produk Cosrx lainnya secara online karena tentu harganya lebih murah. Di olshop langgananku, harga cleanser ini sekitar Rp99.000,00. 



Kandungan
Ayo, kita bahas bagian favoritku, yaitu kandungan dalam Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser. Seperti yang bisa dilihat pada foto di bawah, menurut Cosdna, hampir semua kandungan dalam cleanser ini aman, tidak memicu iritasi, dan tidak menyumbat pori-pori. Hanya ada satu kandungan yang mempunyai rating 1 di kolom acne, yaitu Butylene Glycol. 

Jujur, aku lumayan jarang menemukan cleanser yang kandungan "sebersih" ini, terutama untuk masalah pewangi buatan. Aku tidak bisa memakai produk skincare yang memiliki wangi terlalu menyengat karena akan membuatku langsung mual. Makanya, sebisa mungkin aku selalu mencari skincare yang tidak terdapat fragrance atau parfume sama sekali dalam daftar kandungannya. Nah, cleanser adalah salah satu produk skincare yang jarang tidak mengandung dua kandungan itu. Jika ada, biasanya harganya mahal. Saat aku menemukan Cosrx Cleanser, aku super bahagia karena cleanser ini tidak mengandung pewangi buatan! Cleanser ini beraroma tea tree oil. Aromanya persis seperti The Body Shop Tea Tree Oil Facial Wash. Bedanya, wangi tea tree oil di Cosrx Cleanser tidak semenyengat TBS. 

Aku juga suka cleanser ini karena mengandung banyak kandungan alami yang berbentuk ekstrak. Tentunya, kandungan ekstrak juara dalam cleanser ini adalah Melaleuca Alternifolia Leaf Oil alias Tea Tree Oil. Kandungan inilah yang membuat Cosrx Cleanser bagus untuk kulit berjerawat.





Efek di Kulit
Oke, saatnya masuk ke bagian favoritku yang kedua. Hal lain yang aku juga sangat perhatikan dalam memilih cleanser adalah rasa kulitku setelah dibilas. Aku paling anti dengan cleanser yang membuat wajah terasa "kesat" atau "ketarik". Jenis cleanser ini hanya akan membuat wajah kita super kering sehingga kulit akan semakin memproduksi lebih banyak minyak. Pastinya kalian tahu, minyak berlebih adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Tenang, Cosrx Cleanser ini tidak seperti itu, kok. 

Kalau yang aku rasakan, cleanser ini saat dibilas tidak membuat wajah super kesat, masih ada rasa-rasa licin, tapi kalian pasti bisa merasakan kapan sabunnya sudah terbilas dengan bersih. Nah, pertanyaannya, apakah setelah dibilas, wajah terasa "ketarik"? Jawabannya, iya, tapi sedikit. Memang tetap ada rasa ketat, tapi tidak terlalu parah atau hingga membuat kulit menjadi kering kerontang. Lagipula, aku sendiri juga langsung menggunakan toner setelah mencuci muka, saat wajah masih basah. Jadi, bagiku, rasa kering dari cleanser ini masih bisa ditoleransi.


Lalu, perubahan apa yang aku rasakan setelah menggunakan Cosrx Cleanser secara rutin? Aku pribadi tidak terlalu berharap banyak hal dari sebuah cleanser. Aku tidak berharap cleanser ini dapat membuat semua jerawatku hilang total, atau bisa mencerahkan wajahku, atau membuat bekas jerawatku pudar. Perubahan-perubahan semacam itu bagiku hanyalah bonus. Yang aku harapkan dari sebuah cleanser hanyalah sesuai dengan namanya, yaitu bisa membersihkan wajah secara tuntas. Lalu, apa cleanser ini memenuhi harapanku? Jawabannya, ya! Setelah aku menggunakan cleanser ini, aku mengaplikasikan Cosrx BHA Blackhead Power Liquid menggunakan kapas. Biasanya, jika aku menggunakan cleanser lain, masih ada kotoran yang terlihat pada kapas. Tapi, ketika aku menggunakan Cosrx Cleanser, kapas yang aku bubuhkan Cosrx BHA masih putih bersih! Jika ada kotoran pun, hanya sedikit dan hampir tidak terlihat. Jadi..... aku cukup puas dengan cleanser ini. Ditambah lagi, aku juga merasa cleanser ini bisa mengontrol jerawatku agar tidak muncul sebanyak sebelumnya. Me like this cleanser soooo much!

Kesimpulan
Sebagai penutup, aku tuliskan kelebihan dan kekurangan Cosrx Low PH Good Morning Gel Cleanser di bawah ini.

(+)
Mengandung Tea Tree Oil yang dapat membantu menyembuhkan kulit berjerawat
Berbentuk gel (best cleanser type for oily and acne prone skin)
Ber-pH rendah (it won't mess up your skin's barrier)
Tidak membuat wajah terasa kering setelah dibilas

(-)
None!

Sekian untuk post kali ini. Semoga bisa membantu kalian yang masih bingung apakah harus mencoba produk ini atau tidak. Apa kalian sudah mencoba Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser? Ceritakan pengalaman kalian di bawah, ya. 

Sampai ketemu di post selanjutnya!

- Wilda Khairani



Disclaimer: aku bukan ahli skincare atau kecantikan. Pengetahuanku hanya terbatas pada apa yang aku dapatkan di youtube dan artikel-artikel kecantikan yang bertebaran di internet. Aku hanya mengulas sebuah produk berdasarkan pengalamanku selama menggunakannya. Jadi, aku tidak akan menjamin segala sesuatu yang pada diriku bekerja dengan baik akan bekerja serupa pada kulit kalian dan sebaliknya. 

You May Also Like

2 comments

FOLLOW ME ON INSTAGRAM @WITHWILDA