[Review] Aknema BHA + HA Serum

by - 9:44 PM


Bangga banget, deh, sekarang skincare lokal nggak kalah dari punya luar. Kali ini, aku mau review Aknema BHA + HA Serum, salah satu serum lokal yang bikin aku super penasaran. Aku masih jarang melihat produk skincare lokal yang langsung taruh kandungan utama di nama produknya. Makanya, pas lihat produk ini, aku langsung teringat dengan The Ordinary (dan sepertinya brand ini memang terinspirasi dari TO). 

Kombinasi BHA dan HA juga cukup menarik perhatianku karena aku juga belum menemukan produk serum yang fokus pada dua kandungan ini. Setelah pakai 2 minggu, bagaimana hasil Aknema BHA + HA Serum di wajahku?

Packaging


Jujur, packaging adalah salah satu hal yang paling aku perhatikan saat coba skincare. Nggak tahu kenapa, packaging yang bagus dan estetik bikin feeling-ku ke produk itu juga lebih bagus. Nah, aku suka sih dengan kemasan serum ini, mengingatkanku juga dengan serum dari The Ordinary. Kemasannya terbuat dari keramik yang kokoh jadi nggak terlihat abal-abal. 

Tekstur

Aknema BHA + HA Serum ini punya tekstur yang bening dan agak kental. Aku biasanya pakai serum ini 3 tetes karena sudah cukup meliputi seluruh wajah. Serum ini butuh waktu agak lama untuk terserap sepenuhnya ke kulit. Sebelum terserap juga ada rasa agak lengket. Untungnya, setelah benar-benar terserap, kulit jadi halus dan terasa kenyal. 

Kandungan


Kalau dilihat dari judulnya, serum ini memang mengedepankan kandungan BHA dan HA. BHA (Beta Hydroxy Acid) atau salicylic acid berguna mengangkat sel kulit mati hingga ke pori-pori yang membuat kandungan ini bagus untuk mengatasi jerawat atau permasalahan pori-pori tersumbat lainnya. HA atau hyaluronic acid paling terkenal di kalangan pemilik kulit kering karena bisa menjaga kelembapan kulit. Lalu, ada ektrak chamomile, aloe vera, dan licorice yang sama-sama berguna untuk menenangkan kulit yang kemerahan akibat jerawat.

Menurutku, serum ini punya ingredient list yang minimal. Kebanyakan kandungannya memang berupa ekstrak tanaman, nggak ada kandungan yang terlihat mencurigakan atau berbahaya. Aku juga apresiasi sekali serum dari Aknema ini taruh "parfum" di urutan paling terakhir. Bahkan, menurutku serum ini hampir nggak punya bau sama sekali.

Hasil di kulit


Aku sebenarnya agak kaget karena serum ini nggak terlalu melembapkan, meskipun ada kandungan hyaluronic acid. Tapi, itu bisa dimaklumi karena melembapkan memang bukan fungsi utama serum. 

Serum ini mengklaim bisa mencerahkan dan membuat wajah glowing, memudarkan bekas jerawat, dan membantu menghilangkan jerawat. Setelah pemakaian dua minggu pagi dan malam, memang belum ada ketiga klaim itu yang aku rasakan. Tapi, aku menyadari kalau komedo hitamku berkurang drastis! Pastinya aku senang karena komedo di hidung jadi salah satu masalah kulitku yang sulit dihilangkan.

Jadi, bisa dilihat serum ini memang nggak bekerja secara instan. Tapi, secara keseluruhan aku suka dengan hasilnya yang sudah terlihat dari pemakaian 2 minggu. Wajahku juga nggak mengalami efek buruk apa pun selama pakai serum ini. Aku rekomen Aknema BHA + HA Serum ini buat kamu yang juga punya kulit berminyak dan berjerawat!

Kelebihan:
- Bisa mengurangi komedo hitam
- Harga terjangkau (Rp159.000,00)

Kekurangan:
- Terasa lengket sebelum terserap
- Kurang melembapkan

Kalau kamu sudah pernah coba Aknema BHA + HA Serum?

You May Also Like

0 comments

FOLLOW ME ON INSTAGRAM @WITHWILDA